Thursday 14 February 2019

Cara Jitu Promosi Melalui Media Sosial facebook , youtube dan instagram

Cara Jitu Promosi Melalui Media Sosial - Halo sobat maeska, bagi kalian yang mempunyai sebuah bisnis online untuk menjual barang produk atau jasa pasti memerlukan sebuah promosi agar barang produk atau jasa anda tersebut laku di pasar.


Promosi bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara yaitu yaitu offline dan online. promosi offline di lakukan di dunia nyata seperti membuat banner di pinggir jalan, membuat spanduk, menyebar brosur, keliling jalan menawarkan ke orang orang di sekitar dan lain lain.

Cara Jitu Promosi Melalui Media Sosial
Cara Jitu Promosi Melalui Media Sosial

Lalu untuk promosi online sendiri adalah promosi yang cara pengerjaannya adalah dengan cara memalui dunia maya atau dunia digital contohnya seperti di sosmed (sosial media) facebook, twitter, instagram, DLL. Dengan bermodalkan perangkat smartphone ataupun perangkat leptop/komputer siapapun dapat dengan mudah melakukan promosi online.


baca : Konsep Pemasaran Untuk Memenuhi Keinginan Konsumen


Hal yang wajib anda ketahui sebelum berpromosi online adalah anda harus mengetahui tata krama atau aturan aturan promosi di dunia internet. tata krama di dunia internet ini tidaklah sulit jika anda mematuhi dan tidak melanggarnya. berikut tata krama dalam berpromosi online di internet :



1. Memanggil atau Menyalami konsumen dengan sopan

Salam adalah memanggil konsumen atau pembeli dengan sopan adalah hal penting dalam tata krama berbisnis. banyak sekali orang orang pebisnis di dunia internet yang gagal mendapatkan pelanggan karna mengabaikan cara untuk menghormati pembeli. Menyapa dengan sebutan mas, mba, pak, bu, gan, boss, dapat membuat pembeli lebih merasa senang panggilan panggilan tersebut adalah contoh contoh dari sebutan yang sopan untuk pembeli anda.



2. Mengucapkan Terimakasih

Ucapan terimakasih mungkin bagi anda hal biasa namun bagi konsumen atau pembeli kata terimakasih adalah hal yang membuat mereka dihargai, walau mungkin tidak juga untuk beberapa orang, namun anda harus tetap mengucapkan terimakasih agar anda lebih terlihat sebagai penjual yang bersemangat.



3. Memberikan Contact yang Dapat Dihubungi

ingat bahwa jika anda berpromosi selalu tambahkan contact person yang dapat dihubungi oleh pembeli. Hal ini membantu pembeli atau konsumen anda yang berminat untuk menghubungi anda lebih lanjut seperti ingin bertanya tanya soal barang dan mengin membeli barang anda.



4. Jangan Berkata Kasar

Jangan pernah berkata kasar pada pelanggan!! hal ini  membuat reputasi anda sebagai penjual yang tidak baik dan tidak ramah pada seseorang, Kata kata yang buruk dapat membuat pelanggan anda kabur dan membuat dagangan anda tidak laku.



Nahh untuk posting saat ini, yang akan DIBAHAS adalah MEDIA SOSIAL YANG SERING DIGUNAKAN UNTUK PROMOSI. Media sosial di masa kini adalah sasaran atau target pasar paling tinggi di dunia internet, dikarenakan jumlah pengguna internet di MEDIA SOSIAL ini sangat banyak dan bahkan bisa dibilang mulai dari anak anak dewasa dan orang tua pun rata rata sudah memiliki akun jejaring MEDIA SOSIAL ini. Disinilah kita sebagai penjual akan memanfaatkan MEDIA SOSIAL SEBAGAI PROMOSI barang, produk atau jasa kita agar cepat laku.



Ada 3 (tiga) media sosial yang bisa kita manfaatkan sebagai media promosi online untuk kal ini contohnya adalah : facebook, youtube, instagram, 3 (tiga) media sosial ini adalah 3 (tiga) sosmed terlaris menurut saya sendiri jika digunakan sebagai media promosi, karna penggunanya yang bisa dikatakan banyak dan juga ada di mana-mana.

Facebook

pada zaman ini kita sebagai penjual produk barang atau jasa harus mengetahui bagaimana cara promosi menggunakan facebook. Jumlah pengguna facebook yang ada di indonesia saat ini adalah lebih dari 70 juta orang. Indonesia juga menjadi salah satu market terbesar facebook. Hal inilah yang menjadikan facebook menurut saya menjadi salah satu sosial media yang perlu anda gunakan sebagai media promosi untuk anda.



Bagaimana cara promosi di facebook ?



1. Membuat Status (Update Status)
promosi menggunakan status ini bersifat pribadi dan hanya akan terlihat oleh teman facebook anda, jadi jika anda membuat status buatlah status semenarik mungkin agar teman anda terpikat untuk membeli produk barang atau jasa yang anda punya. Disini untuk promosi semacam ini menurut saya lumayan sulit karna jika anda tidak memiliki banyak hubungan dengan teman teman di facebook maka anda hanya buang buang waktu saja.



2. Mencari Group Facebook

Sebuah group atau perkumpulan pasti memiliki satu tujuan yang sama. Disini anda akan lebih terarahkan dalam menjual produk atau usaha anda. Jika anda ingin menjual HP carilah group facebook yang berisi tentang jual beli HP. Ingin menjual makanan? Gabunglah dengan group group kulinet. Lalu buatlah promosi promosi yang menarik di group facebook tersebut yang dapat membuat anggota group berminat dengan produk anda.



3. Membuat Fanspage / Halaman Facebook

Fanspage atau halaman facebook berbeda dengan akun facebook biasa karna dengan membuat fanspage orang hanya perlu memencet tombol Menyukai (LIKE) di profile fanpage tanpa perlu meminta pertemanan terlebih dahulu dan semua hal yang di posting oleh fanspage akan terlihat oleh orang yang menyukai fanspage tersebut.



4. Membuat Kompetisi LIKE & SHARE Berhadiah
Kompetisi atau perlomba dapat anda adakan dengan tujuan sebagai promosi, misalnya saja seperti ini “Ayo LIKE dan SHARE INDAH BOTOL bagi yang beruntung akan mendapatkan hadiah Botol keren gratis” like yang nantinya  anda dapatkan akan membuat postingan anda semakin heboh dan Share membuat seseorang itu akan membagikan ke orang orang lain juga dan akan sampai ke banyak orang, inilah suatu strategi yang perlu di tiru sebagai promosi.



5. Pasang Iklan Berbayar di Facebook (Facebook Ads)

Facebook menyediakan layanan pasang iklan berbayar, anda dapat mempromosikan produk anda dengan mudah dan lebih banyak dilihat oleh pengguna facebook. Melalui iklan facebook ini iklan anda nanti akan diproses secara otomatis dan akan muncul oleh para pengguna facebook tanpa perlu repot repot kesana kesini. Tentu saja promosi seperti seperti ini pasti memerlukan biaya yang lumayan untuk perhari pemasangan iklannya

Youtube

sebuah situs tempat menonton vidio di internet ini juga menurut saya bisa disebut dengan sosial media, karna banyak juga digunakan untuk saling berinteraksi dengan membuat vidio vidio yang menarik. Youtube juga dapat menjadi pengasil uang bari mereka yang berkecimpung menjadi youtuber. Hal ini adalah kesempatan promosi berbeda dari facebook yang beriklan dengan tulisan di youtube ini anda berpromosi dengan media gerak seperti contohnya Vidio Vlog Review Iklan.

Bagaimana cara beriklan di youtube ?



1. Membuat Vidio Menarik

Semua orang dapat mengupload vidio mereka di youtube dengan batasan tidak melanggar aturan aturan yang ada. Membuat vidio di youtube bisa dibilang lumayan mudah, namun hal yang harus anda perhatikan adalah anda harus membuat sebuah vidio dengan konten menarik yang nanti akan diliat oleh banyak orang. Semakin banyak vidio menarik yang anda buat maka akan semakin banyak penonton yang akan anda dapatkan. Disinilah anda dapat menyisipkan hal hal promosi untuk sesuatu yang anda inginkan. Misalnya seperti jam tangan buat lah sebuah vidio betapa bagusnya produk jam tersebut yang nantinya membuat penonton vidio anda akan tertarik untuk membelinya, nah anda harus memaksimalkan penawaran anda pada penonton agar penonton dapat terpikat dengan produk tersebut dan membelinya. Hal ini sulit jika anda tidak pandai menarik perhatian penonton.



2. Pasang Iklan Youtube

Sama halnya facebook youtube juga menyediakan jasa pasang iklan beberyar yang dapat mereka tampilkan secara otomatis di youtube sendiri agar semua vidio yang misal saja jika anda ingin melihat vidio ini, anda pasti akan dialihkan terhadap vidio iklan dari youtube beberapa detik baru anda bisa melihat vidio aslinya. Untuk pasang iklan di youtube dapat di cek sendiri di google untuk melihat berapa estimasi biayanya.

Instagram

Sebuah aplikasi berbagi foto gambar, gif, dan vidio vidio pendek, yang saat ini menjadi populer dikalangan pengguna smartphone. Instagram sangat efektif untuk memamerkan foto foto produk atau jasa anda untuk promosi.



Bagaimana cara promosi di instagram ?



1. Gambar yang Berkualitas dan Menarik

berikan gambar gambar yang bagus dan menarik dari produk anda, ingat bahwa instagram adalah tempat banyak orang berbagi dan melihat foto. Satu foto yang berkualitas dan bagus dari anda dapat membuat seseorang untuk tertarik dengan instagram anda dan mengecek gambar gambar menarik lainnya dari profile instagram anda. Gambar menarik tersebut dapat membuahkan hasil dengan mendapatkan seorang pembeli barang atau jasa dari instagram.



2. Rutin Mengupload Foto Diinstagram

hal ini membuat anda lebih terkenal di instagram jika foto foto yang anda upload rutin terlihat oleh orang lain setiap hari.



3. Gunakan Hastag Populer “#”

gunakanlah tanda hastag atau pagar yang populer untuk foto foto hal ini membuat foto anda teridentifikasi dengan tag # tersebut contoh saa #omteloletom yang pernah menjadi trending, jika anda gunakan #omteloletom maka foto anda akan terlihat oleh para pencari #omteloletom.



4. Berikan Promosi khusus

contoh dari promosi khusus seperti BUY 1 GET 2 atau pun Diskon 20% dan lain lain. Hal hal yang berhadiah pasti akan membuat produk menjadi lebih raman dan banyak konsumen yang berminat.



5. Memiliki Banyak Follower

Follower atau pengikut sangatlah penting bagi instagram anda, karna jika anda hanya memiliki sedikit follower promosi promosi yang anda lakukan pun nantinya hanya akan tersebar kesedikit orang saja. Biasakan mencari follower sebanyak banyaknya dengan cara menual seperti meminta follback atau dengan membeli jasa follower.



6. Endorse ke Artis instagram

endorse atau memberikan produk dengan Cuma Cuma pada seseorang dengan banyak followe agar produk tersebut di promosikan oleh orang tersebut juga salah satu strategi promosi di instagram. Dengan banyaknya follower yang artis tersebut punya produk anda akan terpromosi kepada followernya.



Tips Tambahan :

bagi yang ingin menjual barang produk atau jasa secara online, pastikan anda mempunyai bukti konsumen yang PASTI dan TERBUKTI (testimoni pelanggan) karna hal ini dapat membuat anda lebih terpercaya sebagai penjual.  Maraknya penipuan di dunia internet atau dunia maya ini membuat kita para penggunanya harus lebih was was dalam ber transaksi.

***

Cara promosi diinternet, cara promosi di facebook, cara promosi di youtube, cara promosi di instagram, cara jual barang di sosmed, sosial media untuk promosi, cara mudah promosi sosial media, promosi gratis sosmed, cara bisnis online, tips jualan online, cara memulai bisnis online, strategi promosi lewat internet

0 comments:

Post a Comment